KINDLE PAPERWHITE EDISI 2018




Gue ini manusia pemuja smartphone yang memudahkan kita menjalani kehidupan. One device for all. Smartphone itu buat gue lengkap kap kap. Coba bayangin deh dari mulai obrol ma teman2, dagang, main social media, main game, belanja online atau offline pun bisa kan. Baca buku pun di hp juga bisa baik yang gratis atau yang berbayar. 

Nah makanya beli e-reader buat apaan si. Gak guna kan!

Eits.. tunggu dulu!

Beberapa tahun terakhir ini gue tu mencoba mendalami hoby gue membaca novel romansa. Mau yang kompleks kek mau yang ringan ala teenlit kek atau yang agak2 dirty gitu gue bisa baca. Cuman gue lebih seneng di novel berbahasa Inggris. Selain dari sisi cerita yang gak nanggung juga sekalian gue nambah kosakata baru. Gak perlu les sana sini vocabulary gue nambah (meski dikit doang).

Novel-novel asli non terjemahan gitu harganya selangit. Bikin bangrut gue tiap habis beli. Dah gitu carinya susah lagi. Iya si ada si penjual online gitu yang lengkap tapi kudu nunggu minimal 3 hari kan baru bisa gue pegang. Males oi.. Gue maunya cepat cepat cepat dan tepat. 

Akhirnya gue beli-beli novel online di google play book atau cari free read online kalau lagi krismon. 

Setelah bertahun-tahun gue baca buku by smartphone itu gue ngrasain mata gue kayak cepet lelah. Pedes dan cepet ngantuk. Apalagi bacanya waktu sebelum tidur. Pencahayaan hanya dari smartphone. Gak sampai 3 jam gue sudah ucek mata sampai 100 kali (lebay dikit)

Selain itu juga gue sering terdistrakasi dengan notif-notif WA atau sosial media. Baru baca satu chapter ni,, terus klunting ada notif. Penasaran dong ada apa. Niatnya 1 menit doang eee gak kerasa udah 10 menit berlalu! IG dan Twitter itu sumbangsih terbesar penggoda iman membca gue

Cari-cari ilmu di google soal baca e-novel ketemulah dengan kindle paperwhite. Baca ini itu ini itu gue merasa harus Beli ni alat. Kata mereka murah dan mudah. Nyaman pula bagi pembaca. Apalagi versi terbarunya itu bisa baca dalam format PDF, WORD, MOBI (of course), and etc. Terus juga sebagai pecinta e-novel katrok sekali kalau gak punya, pikir gue dalam hati. 

Ngacir lah gue ke shopee buat check harga. Dan wow iya loh harganya memang masih affordable untuk yang Kindle Paperwhite. Tapi waktu itu gue lagi bokok jadi masih merasa gak mau beli dulu.

Jeng jeng jeng tiba-tiba ada namanya pnademic virus corona yang mengharuskan kita semua bekerja dan sekolah di rumah. IYA SEKOLAH DI RUMAH. Otomatis adik gue ngrecokin eike ketika lihat gue pegang hp. Adik dan 2 ponakan gue yang tangannya (sepertinya) gatel kalau sehari gak pegang hp gue. 

"Mbak pinjam hp mba", "Ti pinjam hp dong ti, aku pingin banget nonton ini, aku tadi sudah belajar kok" Itu tu tu kata mujarab yang bikin gue meleleh. Akhirnya lama gue baca novel jadi berkurang. Banyak. Karena 24 jam gue di rumah. 


And that's why I decided to buy Kindle Paperwhite at shopee app days ago. 

Dan setelah pakai beberapa hari ada pro kontra yang ternyata bikin gue nyesek beli tapi juga bikin gue happy punya e-reader kindle ini. 

Awal kindle di tangan posisi baterai 40an% doang. Gak langsung gue charge saking antusiasnya dengan alat baru. Maunya barang datang langsung baca.

Waktu nyoba pertama kali nyentuh layar nya si Kindle ini gue agak kecewa. Pikir gue sentuhannya mirip smartphone yang sensitif. Cepet dan gak lemot. Ternyata setelah gue cari-cari referensi layar E-ink itu berbeda. Sedikit lambat dan gak responsif seperti LCD.

Menu setting kindle ini sedikit. Jadi cepet dan mudah.

Meski cepet otar atur sana sini menurut gue baterai kindle juga  berkurangnya cepet. Masa baru nyetting doang belum beli buku gue sudah kehilangan 25%. Pikiran gue langsung kemana-mana Asli gak ni barang. Modar aja kalau enggak.

Oiya barang yang gue dengan posisi beli kindle baru itu cuman KINDLE dan KABEL doang. Charger Kindle dijual terpisah. Awalnya gue gak tahu tapi setelah gue bacain intruksinya gue jadi paham. Fiuh,,, Padahal gue dah main suudzon aja dengan si Penjual.

O iya Kindle gue registrasi UK bukan US. Padahal deskripsi penjual Kindle ini Regitrasi US. Gue komplain lah ke dia. Jawabannya si cuman "baru tahu memang dari AMerikanya" tapi kan,,, harus nya dipastiin dulu iya gak. But, it's ok. Kindle gue masih berjalan dengan baik.

Batterai mau habis langsung gue charge. O o o o.. gak masuk dong daya listrinya. Gak nambah malah berkurang. Panas dingin dong. Gue chat lagi tokonya. Alhamdulilah dese jawab. Meski gak bikin lega tapi menurut ku itu adalah salah satu bentuk tanggung jawab dia sebagai penjua

Terus gue selidiki kenapa dayanya gak nambah, Ee buset ternyata Colokan listrik gue yang "soak".  Kam to the fret

Sekitar 2 jam gue charge daya cuman nambah 40 persen dari 10 persen. Gue charge lagi 3 jam barulah daya maksimal sampai 100%. Apakah harus 5 jam? Gila kalau iya masa gue disuruh nunggu sampai 5 jam. Yang ada gue mengalami penuaan dini suruh sabar sabar dan sabar. Tapi gue belum paham sama sekali. Dari awal pembelian sampai hari ini baru gue charge sekali. Jadi kira-kira sudah seminggu gue belum charge ulang. (Dengan catatan modenya gue bikin mode pesawat jadi irit sekali

Soal beli buku di Amazone gue rasa sama aja deh kalau beli di websitenya by computer or others. Cuman di kindle kan gak harus ketak ketik alamat. Search, pilih, beli, download, baca. Lebih simple.

Kirim mengirim dari kindle ke yang lain menurut gue ya cukup mudah si. Pakai laptop bisa model kuno yang pakai kabel data. Atau model send email juga bisa. Dari gmail ke email kindle.

Gue yang dulunya suka beli di google play book bisa-bisa aja bukunya gue kirim ke kindle. Format google play book itu EPUB jadi harus di convert ke MOBI. Caranya mudah banget. Ketika aja di google CONVERT EPUB TO MOBI. Banyak sekali situs-situs yang menawarkan gratisan. UPLOAD tunggu DOWNLOAD Send. Buka Kindle konekan ki Wifi terus Sync dan Download. It's too easy guys. 

Jujur gue gak selamanya beli buku asli. Ada masanya gue download buku-buku secara free. Gampang juga loh. Cari di google dengan format apa aja. EPUB kalau bisa. Terus Covert terus download terus ya udah deh. (Tapi jangan selamanya ngandelin download free kalau bisa hargai copyright dengan beli buku asli)

Kindle juga menawarkan kindle unlimited yang modelnya biaya bulananan. Berkiar 9.99 $ per month. Menurut situs Amazon gak semua negara dapat menikmati layanan ini. Hanya US,UK, Japan, dan etc (gue gak hapal)

Gue masih pelit untuk langganan unlimited ini. Maklum gue bukan anak sultan. Uang segitu mending buat bayar yang lain. Kalau ada buku yang bagus gue beli aja per biji. 

Oiya dari segi mata. Menurut gue iklannya itu bener yang bilang kindle itu bikin gak pegel mata. Gak tahu juga ini suggesti atau bukan. Cuman yang gue rasain ya it's true

Overall gue suka dan happy banget. Nowdays gue lagi baca novel historical romance. Kalian tahu sendiri kan novel begituan bahasa nya luar biasa susah buat kaum Inggris pas-pasan macam gue. Lewat Kindle gue bisa baca sambil tahu artinya per kata. Sekaligus gue juga bisa buat highlight dan buat note di novel yang gue baca tanpa hidupin WiFi

Baca di Kindle juga buat gue lebih fokus. Bener-bener lebih fokus karena gak da notif sama sekali. Kejadian di luar sana bisa terabaikan.

Dari segi body dan berat, kindle ini juwara lah. Enteng banget pemirsa. Smartphone itu kalah jauh lah. Gue yang sukanya baca sambil tiduran pegang hp terus lama2 tangan jadi kram. Beda banget gue pegang si Kindle ini. Mau seminggu juga gak kerasa (wekk,, lebay mode on)


Jeleknya barang yang gue beli non garansi. Kenapa? karena jelas kindle gak masuk ke Indonesia secara resmi jadi kalau ada apa2 ya harus tanggung sendiri. Tapi toko yang gue beli itu bilangnya mau kok bantuin ngurus kalau terjadi apa2. So.. I think that it's no worries. Semoga aja barang gue awet. Amin.

Comments