BELANJA DI SHOPEE

Pengalaman indah di situs toko***a gue lanjutkan experience shopping di situs lain. Kali ini gue coba coba di shopee.co.id. Satu barang aja lah untuk pertama kali. Biar gak pundung kalo dapat bad experience. 

Si situs Shopee ini menurut gue lebih ditujukan ke kaum hawa. Iklannya banyakan tentang make up, baju, sepatu, and many more (Tahu akan demennya para wanita aja dehhh). Hal paling menggiurkan yang ditawarkan adalah FREE ONGKIR (harus gedhe) wich is kita kaya belanja biasa di toko-toko. Tapi gak semua barang  ada beberapa yang pakai ongkir juga . Jadi tinggal pilih aja pingin beli di penjual mana. Soal cara kerja penjualnya gue gak paham betul (actually i do not care, huahaha). Entah barangnya di mahalin dari
aslinya karena free ongkir atau emang si penjual punya beberapa item and buat item itu laku dia kasih free ongkir ajaaa atau atau lainnya. Untuk kecurigaan gue yang pertama (soal barang dinaikin) sepertinya belum terbukti menurut gue. Gue check di situs lain ya same aja gituuu tapi yang lain masih pakai ongkir. (Ah mana tahu lah, gue gak mau posing).


Buat manusia super hemat kaya gue ini pasti dong gue pilih penjual yang melayani free ongkir *Prinsip*. Fasilitas gitu lhoo, huahahaha. Cobaan pertama gue di make up tepatnya lipstick. NYX Soft Matte Lipstick Cream (SMLC). Gancu NYX SMLC itu udah gak jadi trending topic aslinya, emang gue aja yang dulunya gak gaul soal make up. Ditambah on my city gancu-gancu import emang jarang banget di jual (Ya paling maybelline, revlon, make over lah yang udah punya counter dimana2).

Gue paling demen kalo belanja online gak pakai ngisi-ngisi pendaftaran. Gak ribet tapi MALES. Pinginnya langsung connected dengan somed-sosmed lain. Kebetulan si shopee ini cuman bisa buat connect with fb or email doang. Waktu itu karena gue buka di laptop orang (yang artinya gue males sign in email) jadi gue coba ngisi formulir pendaftarannya. Ada salah satunya suruh nyantumin kode konfirmasi yang dikirim ke no. handphone gue. Ini kurang enak banget. Kode si di Kirim ya booo. Tapi setelah dimasukkin wakwaww Kodenya salah mulu. argghhhh. Udah gue check ratusan kali tapi tetep aja bilangnya salah. Dengan sedikit kuciwa (plus misuh2) gue close aja tab si shopee. Gue mau coba lain kali. Oke fix.

Biar gak pundung lagi gue coba gak perlu pakai daftar langusng aja gue connected dengan email. Afterwards gue klik tu tulisan email ternyata yang muncul bukan email tapi nomor telepon. Asiiikkk. Gue ketik aja no. ponsel dan dilanjut klik kirim kode konfirmasi (biar kode konfirmasi dari shopee di send ke no. ponsel). Setelah dapet tu sms gue masukkan kan ke kolom kode. Then dibawahnya ada semacam kode captcha (mendeteksi yang ngirim robot or human, asli gue benci kode-kodean). Ketik ketik ketik akhirnya sukses. Yessss! Lanjut gue nentuin belanja di toko mana. Klak klik klak klik gue sampai di alamat pengiriman. Nama lengkap, no handphone, dan alamat lengkap serta tempat mana yang dekat dengan lokasi pembeli. Isian lengkap gue langsung menuju pembayaran.

Di pilihan pembayaran si shopee ini agak kompleks deh Kenapa? Karena selain milih pakai metode pembayaran yang mana diharuskan juga milih pakai bank apa. Gak bisa pindah2 bank deh waktu ngirim (Macam punya tabungan dimana2 aja). Banknya seperti biasa lah yang jadi pilihan. Bank-bank konvensiona di Endonesaaa. Cuman di sini ni nentuin hidup dan mati (lebay). Notesnya, hanya Bank BRI yang memberikan waktu pemeriksaan transfer 24 jam. Yang lainnya itungan jam doangg. (Wawwww, butuh duit bang!!!!). Untuk amannya gue pilih aja Bank BRI (takut di cancel sepihak sama si shopee) wich is gue harus minta tolong lagi ke temen gue (7500 gitu lho bisa buat beli siomay).  Gak lupa gue foto tu tagihannya. 

Walaupun ribet si shopee ini juga baik bangeeeet. Selang waktu kirim uang dengan pemesanan lumayan lamaaa. 3 hari aja maksimalnya. Jadi gue pesen di tanggal 11 Oktober tapi gue baru bayar di 14 Oktober. Sukses dooong pasti. Di menu belanjaanku di beritahu kok sampai tanggal berapa kirim duitnya. 

Cepet-cepet gue kirim bukti pembayaran ke shopee. Di Handphone gue buka internet browser lagi.  Coba gue log in dan masukin no. handphone plus password biasanya. Seketika gue langusng gemeteran. Gak ada account alias tidak ada akun ditemukan. Terus? Harus bagaimana? Bikin akun lagi? Kalo bikin aku baru harganya gimana? Ntar beda lagi? Gue udah send duit lho ke shopeee. Panik 1000 persen gue lah. Uang seadanya mau belanja online kok ada ajaa masalahnya. 

Gue coba memeras otak buat inget2 cara log in pertama kali. Ternyata gue SALAH. Log in gue kan pakai no. ponsel gak ada password2an makanya gak ditemukan lahhhh *ditoyor pake palu*. Lewat internet browser gak bisa log in via ini itu. Gak ada menunya. Cobaan lagi cobaan lagi. Sumpeh deh waktu itu pingin rassanya misuh-misuh ke shopee. Buat aplikasi kok gak user freindly dengan semua aplikasi internet si. Harus instal aplikasi shopee di hp? Hemmmm?*banting hp*

Lanjut gue coba buka lewat komputer. Ternyata HARUS PAKE KOMPUTER!!!!!!. Gue log in with sms and then dapet kode konfirmasi baru lagi. Notesnya walaupun kode konfirmasi ganti-ganti sejuta kali tapi kalo dengan no. hp yang sama tetep dianggap SATU AKUN. Jadi belanjaan yang sudah di;ilah pilah gak kehapus. Pilih di menu belanjaanku cari kode konfirmasi pembayaran.

Adegan mengirim telah sukses. Alhamdulilah! tinggal naunggu aja pemberitahuan dari si shopee pembayaran gue diterima atau kagak. Si shopee dalam bidang ini juga baik. Dia send sms ke gue kalo konfirmasi pembayaran yang gue lakuin telah diterima. Jadi gue enggak perlu mantegin browser mulu. Thank you shopee.

Konflik pertama sudah terselesaikan selanjutnya drama baru di mulai. Bikin kesel karena harus sabar nnungguin konfirmasi penjual kalo barang gue udah dikirm. Sebelumnya di situs lain langsung cepet sehari langsung konfirmasi. Kalo ini. Bleeeeeehhh Gue send foto tanggal 14 Oktober ya sodara2 di terima di tanggal yang sama juga. Paketan di kirim tanggal 17 Oktober lhoooo. Wakwaaaaaaaaaaw. Sukses bikin sutrisno. 3 hari lho 3 hari gue harus nunggu paketan gue dikirm. Hati kebat kebit doong pasti itu. Pikiran sudah macem-macem. "Jangan-jangan penjualnya fake, matilah sudah". Si shopee sebenernya ngasih garansi buyer jika sampai waktu yang ditentukan barang belum dikirim. Garansi pertama gue sampai tanggal 17 Oktober. And then garansi kedua gue 24 Oktober. Wuuuussss lamaaaa amaaat. Itu garansi (garanteeen) atau garansi (garasi) mobil. Panjang beneurrrrr. Gue klik di bantuan si shopee emang ngasih garani, tapi jika dalam waktu garansi kedua belum ada reksi dari seller dan kita sebagi buyer tidak mengklik "ajukan pengembalian" lewat aplikasi shopeee di hp uang gagal kembali. HARUS PAKE APLIKASI BANG!!!!!!!!!

Udah rasanya pasrah aja. Kecewa dengan pelayanannya. Walaupun temen gue bilang kalo itu bukan salah si shopee itu penjualnya aja yang leleet. Buat gue itu sama ajaaaa dooong. Kita buyer ya maunya dilayani seribu persen. Pejual fake yang dikasih kode. Penjual fake ya di delcont aja dooong. Bener gak????? Barang dikirim per tanggal 17 Oktober sampai di gue 19 Oktober. Shopee beri garansi dari proses kirim sampai di tangan pembeli selama 1 minggu.

Asli penuh drama banget gue beli di shopee. Barang gue dikiim lewat JNE yang namanya, alamat, dan, no telpon gue salaaah. Gue cek beribu kali kalo gue udah yakin bener kasih informasi tanpa salah. Penjualnya ngasih no telepon gue juga bener. Pikir gue yang salah JNE *cakar-cakar JNE*. Nama gue salah (oke namanya salah tetep bisa dicari). No. hp gue salah 1 angka (1 angka ya salah total kaleee). Otomatis kalo no. hp salah angkanya mana bisa hubungin gue kann!!!!!!!! Sehinggaaaaaaaaaa barang gue di titipin aja ke sekolah deket rumah. Oh my dijeeeeee maluuu. Sukses dibikin MALU !!!!!!!!!!! (Maapkan mas-mas yang dititipi)


Itulah pengalaman gue di shopee. Total total gak sampai dua minggu gue nungguin tu barang. Hanya saja begini ya sodara2. Sekian banyak drama yang gue sebutin di atas enggak serta merta salah si shopeee. Ada banyak orang ketiga dan keempat dan seternusnya yang terlibat. Side happy nya gue Barang gue SELAMAT AMAN SENTOSA!.






Comments

  1. Barusan aku belanja di shopee juga mba, hari minggu kemarin ditransfer dan udah langsung di konfirmasi, sampai hari ini jumat belum juga barangnya di kirim. Ngehubungin penjual bilangnya lagi diproses,janji kirim hari kamis,tapi belum juga 😂 setres banget bikin kapok belanja di shopee 😂

    ReplyDelete
  2. Barusan aku belanja di shopee juga mba, hari minggu kemarin ditransfer dan udah langsung di konfirmasi, sampai hari ini jumat belum juga barangnya di kirim. Ngehubungin penjual bilangnya lagi diproses,janji kirim hari kamis,tapi belum juga 😂 setres banget bikin kapok belanja di shopee 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar aja mbak dea. Mungkin memang bener lagi di proses. Bisa jadi penjualnya sekalian nge pack jadi gak bolak balik. Diingat terus garansinya mbak. Kalo garansinya udah mefet baru deh klik ajukan pengembalian. Biar dikembalikan ama si shopee duitnya

      Delete

Post a Comment