NONTON SKAM (NORWEGIAN TV SERIES)




Obok-obok youtube suatu hari gue ketemu sama SKAM TV SERIES. Awalnya si gue lihat aktor aktrisnya aja gitu. Cakep cakep apa kagak. Beneran punya chemistry apa kagak kalau ceritanya pasangan. Eeee ternyata langsung jatuh cinta boookk (bahkan sekarang gue masih belum bisa moving on sama best couplenya *masih harus lap iler*). SKAM tergolong tontonan buat remaja di negara nya ono. Tapi ya gak pa2 juga si meskipun gue sekarang bisa dibilang sudah bangkotan  gue masih suka nonton nyang begituan. IMHO kalau ditonton sama anak remaja ASIA Indonesian in particular sepertinya masih tabu. Kita kan negara muslim terbesar di dunia which is gak dibenerin dong doing free sex even sama-sama suka. Ya walaupun kalau ditabrakkan dengan real fact Indonesia now ya hampir2 mirip lah. Tapi eike gak bisa mentolelir si book jadi ya gitu deh gak perlu dijelasin lagi ya. Pakai kata "POKOK NYA GAK BOLEH" oke.. 

Karena masuknya TV Series SKAM di putar season season-an. Sampai sekarang (or maybe forever) SKAM sudah mengeluarkan 4 season dimulai dari tahun 2015 *sinting, kemana aja neng baru ketemu sekarang :p). Season 1 mengudara tahun 2015 dengan jumlah episode 11 saja. Karena kesuksesannya dilanjutkan ke Season 2 tahun 2016 dengan 12 episode. Di tahun yang sama season 3 keluar dengan 10 episode. Hingga yang terakhir season 4 tahun 2017 dengan jumlah 10 episode. Jadi totalnya ada 43 episode selama dua tahun *dikit amir yes, kalau di Indo mungkin sampai ribuan kali ya, hahhaaha upsi*.

Di tiap season temanya bedha, saling sambung tapi gak itu-itu aja klimaksnya. The main character of every season beda-beda. Season 1 tokoh nya si cantik EVA MHON yang diperankan sangat baik oleh LISA TEIGE *salut gue sama Adik Lisa, karakternya so strong tapi dibawakan dengan apik*. Ceritanya tenang Hubungan Eva sama pacarnya si JONAS, kesenderiannya, identitasnya sebagai perempuan puber, dan pertemenannya dengan beberapa kelompok. Itu menurut wikepedia ya soalnya gue belum nongton full episode. hahahha *toyor palu*. Still on the same reason yang gue sebutkan di atas si. Karena gitu deh si EVA ini Norwegian teenager yang (mungkin) pada umumnya ingin seks, party, have a or some boyfriend (s) and something like that. Lagi pula maap-maap aja ya adek pemeran Jonas, si mbak cantik gak suka sama si adik haha *siapa gue yes!! :p*. Ada juga si selingannya si CHRIS (pemainnya lumayan cakep :p) tapi dese palyboy cap kadal. Masa iya dese "hook up" with EVA padahal dese udah punya pacar lho *amit-amit jabang bocah*.

Season 2 is my Favourite ever. The Main character is Called NOORA AMALIA SAETRE. Diperankan oleh si cantik JOSEFIN FRIDA PETTERSON. Gue suka banget sama fashionnya Josefin disini. Classy tapi tetep waw. Season 2 ini cerita cintanya si NOORA ama adik ganteng WILLIAM (THOMAS HAYES). Emmm. my my my best young couple dah mereka. My first love sama SKAM ya sama mereka berdua :). Ada juga temanya tentang persahabatan, feminism, makanan sehat, self-image, kekerasan, seksual, krisis ekonomi negara-negara Eropa, dan Demokrasi Norwegia, Dibahas sebagai gambaran umumnya saja tapi kalau untuk teenager cukup lah ya.  Untuk karakter NOORA gue gak begitu suka karena dia plin plan. Disukai William malah nolak tapi akhirnya ngakuin. Diajakin seks gak mau tapi akhirnya ngajakin. Kayak njilat ludah sendiri gak si, hahaha *sadis amat bahasa gue yes :p*. 

But NOORA has many reason why she did this. Masa lalu suram, ingin jadi orang baik, cinta sahabat, adalah beberapa macam alasannya. Juga dese itu termasuk gadis lemah yang berusaha untuk kuat. Yang gak mau curhat - curhat soal kehidupan pribadi or masalanya (introvert girl maybe?). 

Dengan karakter NOORA seperti itu cucok banget sama si WLLIAM yang cas cis cus omongannya. WILLIAM type blak-blakan yang gak mau orang salah paham sama dia. Bahkan pada saat si VILDE (sahabatnya NOORA) wants to say love to him dese langsung nolak aja gitu tanpa ada kalimat pembuka basa basi. Meskipun begitu si VILDE tetep berusaha keras loh to get WILLIAM. Nah dari situ lah si NOORA wanna be a hero for her best friend. Jadi dia speak up to WILLIAM said that BE KIND doong jangan asal njeplak ajah gitu!!!!!

(Un) Expectedly si WILLIAM malah cintongnya sama NOORA. Everyone can guess kan temanya Benci-benci jadi Cintrong and backstreet also. Then when they had commit together cobaan datang menghampiri. Noora met WIlliam's brother yang psycopath terus dijebak pula. Sempat break juga sama si William karena beda prinsip about violence. And then sempat di dumped William karena he thought that Noora had hooked up with his brother. Tapi hati gak perlu dicabik-cabik lah karena ending storynya bahagia selamat sentosa aman sejahtera, hahahahaha

*still can not moving on with Noora and William. Indeed*


Goes to Season 3 adalah tentang ISAK (Tarjei Sandvik Moe). I have no brave to watch this season by the way. Cause this is story about LGBT. Emm......sorry to say ya gue belum bisa understand people yang homo, lesbian, or kind of. How can a boy loves a boy? How can a girl loves a girl??? How can that be????? *tanya kenapa*. Misal ni yang kaya gue gitu, yang baik yang cantik, yang penyanyang, yang, errrrrrrrrrr *diceburin kolam*. Padahal pemeran Isak belongs to ganteng person loh *lap ingus*. But, anyway i have no right to comment a gay person cause i really have no friend like that yet. Gue juga gak mau judgmental karena gue belum bisa think straight out to that issue ya. Soo,, right now i just do not want watch it. if maybe later i watched it, it would be different stories (or different thought perhaps)

And jreng jreng,,, akhirnya masuk the last season. Season 4 has a main character SANA (IMAN MESKINI) wich is the moeslim girl. Dari gambaran umumnya si Sana ini gue bisa sedikit mengerti how hard a moeslim girl live. Godaanya banyak jendral. Bir, Sampanye, free sex, kissing lips, etc. SANA aja pernah minder kalau dese gak (bisa) jadi gadis Norwegia. Tapi Gue suka sama karakter SANA karena dese meskipun minder tapi tetep mau tegar dan optimistic. She is really strong and indepedent women i think. 

For the love story of SANA si biasa aja. The writer of SKAM masih main halus. Gak pakai adegan kissing even just cheek. Real fact nya kan sekarang mau Islam mau kagak (bagi sebagian orang) sudah pada kissing. Malah kalau artis-artis Indo udah pada indhehoy sama pacarnya. Jangankan artis temeen gue aja udah pernah book. GAK SEMUA yang begitu gue yakin tapi GAK SEMUA juga seperti SANA iye kan. So,,, sudah benar doong ceritanya, right!!!!!!

Dan cerita cintanya SANA adalah tentang cinta beda dunia. SANA is a moeslim while the man is not like she is. Seperti yang gue sebutkan diatas cerita cintanya biyasa dan main aman. Gak menggebu karena mereka sama-sama masih muda (belum kepikiran kawin maksudnya). For moeslim love story, di season 2 sebenarnya udah disinggung sedikit. Gadis belia yang satu sekolah sama si SANA ingin menikah cause she wants to do sex. But just that's it. Gak ditelisik lebih jauh juga.

Anyway, akhirnya masuk ke konklusi tulisan gue, :p. Sebenarnya, dari sekian episode the most i'm looking for is Noora and William, hahahaha. Season 4 ada nyrempet Noora and William di episode 8 sampai 10. Probably it is cause of fan ask kali ya jadi disambungin dari Season 2. Ada juga di Season 4 ini EVA and CHRIS together lagi. Banyak yang bilang kalau EVA and CHRIS disatuin karena penggemar couple ini lumayan. 

Fyi aja, Noora and William on Season 4 sempat mau dipisahin lohhh karena mereka LDR (Noora lives in Oslo while William lives in London). Tapi puji tuhan segala puji bagi tuhan (and the writer of course) mereka disatukan kembali. Diromantisin pula, hahahaha. Not 100% satisfied but cukup lah untuk kangen-kangenan sama mereka. 

The worst news from the writer dikala Julie Andem bilang kalau Season 4 is the last *hiks sedih*. Padahal gue ngarep bingit dilanjutin lagi dengan ceritanya William, Vilde, and Chris. Or perhaps the story line become 25 years later. hahahha.

Beradasarkan kritikan dan review yang gue baca (diikit) kalau SKAM telah menginpirasi orang banyak. Change mind about violence, moeslim, and LGBT, and many more. Banyak quotes2 yang beterbaran di IG bersumber dari dialog-dialog SKAM. Kalau gue sendiri lebih ngena ke violence and LDR-an *maklum soalnya pelaku book, hahaha*. dan sedikit tentang cinta beda agama. hahahaha. I give 7 of 10 values. Great TV Series i think. 

The SKAM Girls.

Duo Ganteng. *mau dong jadi pacarnya akooh, hahahaha *ditabokin massa*
Noora And William. *bahagia banget gak si mereka bikin iri kakak :)

Lipsticknya loh bikin ngiri, William aja pernah request kalau datang ke party  pake sweet bloody red lohh, cmiiw.

haduh gue speechlees, tatapannya book bikin meleleh, Come to Indonesia doong. hahaha











Sana (IMHO) the Strong Girl


*All the photo taken from google image*
PPS : yang suka noora and william gue masih berharap loh mereka main film (not tv series) as a couple lagi, yukk doian yukk amin.  hahahaha

Comments

  1. itu, episodenya ada yang gak lengkap ya kak? kaya lompat" gitu ceritanya soalny.. emang iya ya?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. kenapa tiba" filenya gak bisa ke buka ya semuanya?padahal aku uda ngefans bangeettt nihh, susah buat move onnya. dan aku belum selesai nontonnya sampe akhir, gimana dong nih?tolong bantuin dong. please bgtttt! 😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah aku kok gak tahu ya laura. Coba cari2 di google ya

      Delete
  5. ���������� sukaa banget sma Noora William

    ReplyDelete
  6. Season berapa kah yang paling recommend untuk ditonton?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Season 4 menurutku ceritanya bagus. Cerita cinta dua agama :) tapi best couple tetet noora and williem :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Untuk kris dan Eva ada diseason dan episode berapa ya?

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Aku biyasanya nonton di daily motion. Itu udah ada sub eng nya

      Delete
  9. Akhirnya nemu orang Indonesia yang suka Skam juga, aku mulai nonton dari awal tahun 2017, dan langsung hooked hehe. Pendapatku tentang ship dan season2 nya pun sama ��.
    Cuma satu yang aku ingin anjurkan kak. Menurutku season 3 itu layak ditonton, dan karena awalnya pun aku risih/unsure tentang hubungan LGBT, mau nonton itu perlu keberanian dan pikiran yang terbukaa. Selesai nonton, pendapatku tentang orang yang LGBT itu berubah, dan (karena skam mengajarkan aku ttg kesulitan, kebencian diri, dan penolakan yg di alami orang yang mengalami eating disorder, Muslim, LGBT, dan penyakit mental.) pokonya ngebantu aku mempunyai pikiran lebih terbuka dan membantuku sadar bahwa mereka semua manusia, dan perbedaan mereka gak mencerminkan diri mereka sebenarnya.

    Overall, terimakasih kak, udah ngeshare skam di Indonesia :D karena disamping semua hal2 tabu dan kontroversial, skam tetep salah satu series favorit ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo miinniemarks. maaf baru sempat membalas. Iya si benar apa yang kamu katakan tentang season 3. Mungkin karena aku belum bisa ngeliat hal2 "jeruk makan jeruk" meski seandainya di telisik lebih jauh tidak hanya itu maknanya. Thank you sudah mampir ke blog saya. Kapan2 saya akan memberanikan diri deh buat nonton :)

      Delete
    2. hi aku juga suka aku suka nya pas skam 3 even dan isakkk ahhhh kerenn ;))

      Delete
    3. hi aku juga suka aku suka nya pas skam 3 even dan isakkk ahhhh kerenn ;))

      Delete

Post a Comment