BELANJA DI TOKOPEDIA

Saat ini gue baru keranjingan ama TOEFL iBT buat nerusin sekolah gue kejenjang selanjutnya. Skornya boook mantap harus hampir sempurna ajaa persyaratan dari kampus yang gue idemin. Dan pasti hati gue kebat kebit dooong. Gimana gue bisa dapat skor sebanyak itu?? O EM JI oh my dijeeee rasanya patah hati seketika melihat persyaratanya. SKOR TOEFL PBT aja yang 550 gue udah berjuang keras ini lagi iBT malah tambah banyak. Arggghhh

Les dong? Les??? Gue udah pernah tanya2 tentang les di Kudus City but i did not find lembaga bimbingan TOEFL yang gue mau. MU to the RAH adalah kunci dari keinginan gue. And you know,, NONE!!! INDEED!!!!!!! Ada satu dua yang biayanya bisa gue jangkau tapi untuk nanti jika gue dapat sertifikatnya gue ragu apa benar lulusan lembaga ini bisa untuk daftar kuliah yang gue inginkan???? Pengajarnya gak meyakinkan deh kayaknya (ups maaf). Untuk yang mahal di Kudus city juga nggak terlalu banyak. Lebih sedikit dari yang ecek-ecek malah. Buat yang kaya LIA COURSE dan lembaga cabang-cabang besar lainnya di tempat gue gak ada. Tapi Biayanya jeeek ampun deh, 5 juta untuk per tiga bulan. Alamaaak gue hampir pingsan waktu denger biayanya segitu. Belum tesnya jika keTOEFL iBT yang berskala internasional gue harus bayar $190 Amerika. Buat TOELF gue harus ngeluarin biaya sekitar 10 jutaan??? Waw mati aja gue!!!! (Minta orang tua segitu gue bisa digampar). So pasti ajang milih memilih tempat les nehi-nehi ajaa. Gue harus belajar sendiri !!!!! Do you Understand !!!!!!! Gue ulangi HARUS BELAJAR SENDIRI AUTODIDAK!!!!!!!!!

Google memang jadi andalan lah buat manusi2 pencari pencerahan. Googling sebentar dan wawwww magic. . . . dapet ternyata, tulisan-tulisan dari para blogger tentang TOEFL Mereka beserta tips-tipsnya buat dapat skor yang dinginkan. Salah satunya blog MONICANTIK. Nah ini bener inspirasi buat gue. Skor dia boooo hampir sempurna ajaa dan ceritanya dia gak les sama sekali. Belajar dari buku ajaa. WAW Are you serious?????? Di jelasin lumayan detail tentang bukunya termasuk harganya. TOEFL IBT TM EXAM from OXFORD harganya kalau menurut dia 500 ribuan. Tapi dia beli di toko buku di Jakarta dan pasti buku begituan GAK ADA di Kudus City (Ohh nasib tinggal di kota kecil nan madesu begini). Jadi gue googling tu buku. Ternyata harganya macem-macem. Dari yang mulai 200 – 1 juta? Hua apa????? 1 juta?????? *PINGSAN*. For original book yang katanya impor langsung dari sono no negara Keminggris memang muahal. Buat gue si manusia pas2n beli buku harga segitu angkat tangan ajaa. Not sense lah!!! Coba-coba tanya ke temen gue yang saat ini masih kuliah di Kota pelajar tapi jawabnya gak ada. Muter-muter di pasar loak sampai di toko buku gedhe katanya gak ada. (Putus sudah harapan beli buku murah) Akhirnya gue coba googling lagi. Dan ketemu di TOKOPEDIA. COM. Pilihannya lumayan banyak ternyata. Ada yang original book ada yang tidak (Di spesifikasinya dikatakan dengan detail oleh si penjual)

Pilih mememilih buku akhirnya gue menjatuhkan di harga 200 ribuan plus ongkir. It means harga asli buku itu kurang dari 200 ribu (tepatnya 175ribu). Harga yang masuk akal di saku gue. Ragu ketika mengcompare dengan yang lain karena bener2 bumi dan langit a.k.a bedha banget. 175ribu dengan 1 juta!!!!!  “ini apakah bener tokonya aseli? Jangan2 palsu lagii”. But setelah adegan labil terlalui akhirnya gue putuskan beli aja. Harga segitu belum ada apa-apanya jika memang buku itu nanti datang. Jika tidak ya diikhlaskan aja. Biarlah takdir yang berbicara (hallah).

Paginya dengan koneksi Wifi gratis dari sekolah gue buat account di tokopedia.com lewat komputer sekolah. Mudah aja ternyata. Gak harus klak klik klak klik sana sini or tulis menulis identitas lagi tinggal signin with any sosmed yang tersedia aja ternyata. Waktu itu gue sign in dengan account Google. Langsung keluar profile gue. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi nomor handphone agar akun yang dibuka benar2 valid. Setelah itu gue bisa lanjutkan belanja online di Tokopedia dengan sekali tekan (wahahahah bohong!!!!!!). Klik beli di barang yang gue incer. Isi identitas seperti nama lengkap alamat lengkap dan kurir yang diinginkan. Pilihan kurir untuk daerah gue hanya 2 aja menurut tokopedia, JNE dan TIKI. Gue pilih ongkir yang paling murah, TIKI reguler plus asuransi. Totalnya Rp. 210.394,00. Tinggal klik klik klik (dipandu oleh aplikasi) pilih OK. Setelah proses klik klik klik keluarlah harga buku biaya ongkir dan kebutuhan saldo di tokopedia. Selisihnya gak terlalu jauh kok, yang awalnya Rp. 210.394,00 hanya Totalnya Rp. 210.455,00. Gak da 1 ribu perak kan . . . . Hidup jadi terasa lebih indah (huahahuaha). 

Selesai dengan total biaya gue langsung ke konfirmasi pembayaran yang artinya gue harus bayar lewat apa. Tersedia berbagai macam pilihan bank jika melewati transfer manual via ATM or sms banking or datang langsung ke bank. Pilihan banknya bisa dari bank-bank konvensional aja untuk yang bank berbasis syariah memang belum ada. Selain transfer ada pembayran melalui visa, master card, and many more. Karena gue hanya punya tabungan di bank syariah jadi gue minta tolong sahabat gue untuk transfer. So gue pending aja untuk konfirmasi pembayaran. Gak lupa gue foto tu layar komputer buat jaga-jaga otak kali kali gue kelupaan.

Setelah berbagai macam adegan lain, akhirnya gue bisa transfer ke rekening tokopedia. Berhubung gue di luar sekolah jadi gue kembali akses tokopedia.com by my smartphone dengan cara yang sama seperti komputer. Tapi mungkin karena beda perangkat yang awalnya dari komputer sudah bisa sign in ternyata lewat smartphone agak beda. Gue harus kirim kode konfirmasi ulang yang dikirim tokopedia ke nomor handphone gue. So pasti kode konfirmasi berubah account juga ternyata berubah (gue gak paham jelasnya). Hati gue udah mulai kebat kebit waktu itu. Lhooo kok bedaa. Ntar kalo dipesan lagi dengan waktu transfer dengan waktu pemesanan duluan transfer apa bisa??? Temen gue udah mulai curiga waktu itu. Bener aja waktu itu gue akses lewat internet browser bukan aplikasi khusus tokopedia di smartphone gue. “harusnya pake aplikasi aja. Instal bentar. Gak makan banyak kuota juga kok”temen gue bersabda. Tapi karena gue udah terlanjur banting kepala dan hati (keras kepala kali maksudnya) gue maunya tetep pake internet browser yang ada aja gak pake instal2 aplikasi lain.

Bukti pembayaran udah gue kantongin kalau sampe bermasalah gue bakal langsung loncat tebing ajaa (tapi bohong). Dengan hati yang gak karuan takutnya gue ulangin lagi proses pembelian dari awal sampai akhir. Sampe di pembayaran nah lho ada yang beda. BEDA 1 RUPIAH. 210.425 jadi 210.426. kok bisa????? *tanya kenap??? Entah !!!!!!* Gue cek foto pertama bener kok 425 lha ini kok jadi naik 1 rupiah gini? Kejadian runtutannya gue gak inget tahu beda aja . . . . Cuek aja gue “beda satu rupiah aja kok. Masih bisa di tolelir lah” gue menenangkan diri. Gue send aja foto bukti pembayaran yang gue lakukan dan mengisi tetek bengek kelengkapannya termasuk no rekening yang gue pake buat transfer money.

Pikiran udah mulai ke yang tidak tidak waktu. Kawatir banget !!!!!! Walau beda 1 rupiah aja tapi kan ini berhubungan dengan sistem?? Apa bisa di maafkan? Panik pasti dooong gue sodara2. Baru selesai send bukti pembayaran gue masih mantengin handphone. Refresh terus di alamat tokopedia. Gue tanya sahabat gue juga gimana prosesnya setelah send foto?? Dia bilang tunngu konfirmasi aja. Bisa sampe 2 jam. Dan waw. Tokopedia has a good service i think, baru beberapa menit sudah dikonfirmasi tokopedia kalau bukti sudah diterima dan pesanan sudah diteruskan ke penjual. Alhamdu?lilah? soal selisih 1 rupiah akhirnya terselesaikan. Optismisme yang berujung manis kaan :)

Tanggal 5 oktober 2016 pesanan gue. Sehari setelahnya pesanan gue siap dikirim. Lewat tombol lacak di tab status pemesanan gue bisa lacak posisi barang gue ada dimana. 7 Oktober 2016 barang gue udah sampe di Semarang. Nah sebelumnya ternyata ada pemberitahuan dari pihak tokopedianya bahwa kurir yang dipake diganti. Tiki ke JNE. Gue gak sadar sama sekali kapan pemberitahuan itu muncul (mungkin waktu seller konfirmasi ke pihak tokopeda). And whats te problem?????? HARGANYA !!!!!! Harganya jangan ditanya beda bangeet. Ongkirnya Tiki berat 2kg hanya 35 ribu sedangkan JNE dengan berat yang sama 54 ribu. Sudah pasti GROGI lagi gue. Lha kok begini? Bisa dikirim apa gak ni barang gue????? Kemungkinan terbesar barang gak sampe duit gak kembali!!!!!!! :(

Karena emang gue gak doyan doku ilang gue coba baca tanya ditokopedia. Dan ternyata kejadian dengan ongkir yang berbeda itu memaang bisa terjadi. And you know about the answer????? Suprisingly Menggemberikan sekali. ONGKIR YANG BERBEDA AKAN DITANGGUNG OLEH PENJUAL. WAWWWW. Good service sekali lagi buat tokopedia. Jempol empat gue beri deh :)

Opstimis kalau barang gue bakal sampe!!!!!! Akhirnya dengan berbagai keraguan dan kecurigaan gue akan situs2 online ini ternyata diruntuhkan. 8 Oktober 2016 pukul 5 sore WIB barang gue sampe dengan SELAMAT no cacat. Setelah di buka jreng jreng. Harga yang jauuuhhh berbeda dengan original book terjawab sudah. Hasil Fotocopy dari buku asli!!!!! Agak sedih si tapi ya maklum lah dengan harga segitu mau minta yang ori ya gak ada kaleeee. But for me it was enough. Tulisannya sudah jelas, bisa dibaca, and lengkap. NOW I HAVE TO STUDY HARD BY MY SELF and with some friends maybe. Semoga dengan buku ini gue bisa mendapat skor TOEFL iBT sesuai dengan persyaratan dri kampus yang gue idamkan. AMIIIN YA ROBBAL ALAMIIIN.  


Comments