10 Lagu terenak SIGUR ROS

Hidup gersang tiada cem2an macam gue begini pasti doong isinya open close home open close home melulu (seratus kali mungkin ada) di android. Sesekali googling cerita-cerita dari para blogger favorit or looking for some information agar tidak di kira kudet. But kalau udah bosen ya pasti doong musik menjadi jalan menuju surga penyelamat jiwa. Hallah. Tahu ya apa semua orang seperti gue atau enggak (maksud lho semua jomblo)??

Buat gue music is everything. Connected to everything about life even though i don’t really know the history all of music genre. I don’t care. Gue itu penikmat musik abis. Dari yang keroncong sampai metal. Yang solo song, band or ochestra. Semua pernah gue dengerin dan pernah gue sukain.

For recent this year yang mana setelah gue inget2 ini termasuk barang langka ada satu band yang buat gue jatuh cinta terus. Setahun lebih gue dengerin musiknya tapi tetep no bosen or jenuh. Terkadang masih aja gue find somoething different yang buat gue mengaga (kagum maksudnya). Kok bisa si mereka begini kok bisa si. And jreng jreng jreng siapa lagi kalau bukan SIGUR ROS. Gue pernah posting berawal dari mana rasa suka gue dengan band ini disini. Ada juga serba serbi sigur ros yang gue tulis disini.

Beribu-ribu jam telinga gue mendengerkan musik mereka yang epic dan berkali-kali otak gue merekam how special they are to me which have different pleasure kind of music. Dan inilah 10 lagu favorit dari SIGUR ROS yang gue dengungkan every time i play music.

1.      Hoppipolla
Lagu ini tiada matinya buat gue. My first love and maybe it calls true love. Dentingan pianonya mas Kjartan di lagu ini tiada kesan mellow. Yang ada malah ingin bergoyang dombret. Huahahahaha I did not find any sadness of this song. Yang lagi seneng bakal tambah seneng dengerin lagu ini.
FYI, chord piano dari lagu ini sebenarnya di ambil dari Vidrar Vel Til Liftorasa. But they can change suasana yang mengalir dari pada aslinya. Sadness to be Happiness

2.      Agaetis Byrjun
Lagu ini menurut gue komponennya pas banget. Piano, accoustic gitar, bass, and drum are really connected. Dengerin lagu ini sambil merem kerasa di dunia lain.. Lagu ini cocok dari segala umur, dan yang pasti suasana. Mau begah, mau nangis, mau ketawa, mau korslet dengerin lagu ini suasana bakal nyaman aja. Feel something but you can’t say anything a.k.a speechless.

3.      Glosoli
Heran mungkin kesan pertama kali dengerin. Suara valestto Jonsi kerasa bener di lagu ini. “Ini yang nyanyi cowo apa cewek si? Cowok terlalu lembek cewek terlalu kasar???” but why, it’s great vocal i have ever heard!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Awesome
Komponen musiknya jangan ditanya,,, indah, pelangi aja kalah indah, huahahahaha. Yang gue rasakan di lagu ini adalah kemarahan berujung manis. Berteriak sekencang-kencangnya melepas every troubels you have and then get happy.

4.      Njosnavelin a.k.a Untitled 4 (accoustic version)
Kalau yang ini mah jangan ditanya lagunya sebagus apa. Merem melek merem melek kalau dengerin. Pengantar tidur oke, baru gundah gulana juga oke, baru happy juga tambah oke. Ketukan piano mas Kjartan di tengah bakal buat lho merinding. Repeat repeat repat once again. Play more play more play more.

5.      Festival
This is my favourite track after hoppipolla. Jenius very very jenius itu si Jonsi. Bekalnya cuman gitar listrik dan suara valsettonya mas Jonsi doang di bait pertama tapi bleeehhhhh,,,,, langsung NGENA,,,,,,. Lagu ini buat gue NGENA banget di sanubariku,,,,,, memberontak, marah, ingin dimengerti tapi tetap sesuai estetika kehidupan enggak serta merta memberontak berbuat kejam.
There is no lyric of this song karena bener2 dinyanyikan dengan bahasa Volenska di bait pertama. Gumaman Jonsi tetep bikin merinding dan pati bisa bikin duet antara pendegar dengan penyanyi asli. An then hilang aja gitu suaranya Jonsi. Gitar, bass, drum, dan piano doang yang berdentang. Tapi sekali lagi lagu ini NGENA NGENA dan NGENA. Tersampaikan lah what Jonsi, dkk want.

6.      Svefn G englar
Yang suka bermellow2 lagu ini cocok berat. Yang nangis bakal tambah nangis kejer. Lagu ini mendayu-mendayu di nada tapi gak sama sekali di lirik (mungkin karena liriknya pakai bahasa Islandia yang semua orang pada gak tahu). E bowed guitarnya  mas Jonsi dan keyborad mas Kjartan itu satu kesatuan yang tiada tandingannya. Drumnya mas Orii (namun waktu lagu ini diciptakan posisi drummer masih dipegang oleh mas Agust Aevar Gunnarsson) dan bassnya mas Goerge mengiringi dengan penuh makna. Dan tak ketinggalan komponen musik orchestra (Amiina) yang ada dibelakangnya. Mellow mellow mellow.

7.      Heima
Heima means at Home. Lagu ini memang berasa bener2 KANGEN RUMAH. Rindu suasana keluarga, ayah ibu kakak adik , maupun masyarakat sekitar. Kehidupan yang jauh dari kata Glamour. Akustik gitar mas Kjartan dan mas Jonsi ini sebagai pengingat hangatnya kedamian kelurga, keluarga bahagia. Pejamkan matamu pejamkan matamu.

8.      Vidrar Vel Til Liftorasa
Pianonya mas Kjartan dibait pertama kemudian di susul bassnya mas Goerge lalu vocalnya mas Jonsi pada lagu ini meurut gue termasuk karya epic. Apalagi ditambah drummnya mas Orii sekaliguus pengiringnya si Amiina. Lagu ini menurut gue susah banget jika di cover dalam bentuk utuh (kecuali coverannya hanya piano saja). Karena susah dijeeeee... menyelaraskan nada-nada yang dibuat dari alat musik mereka. Wiiidiiiiwwwww
Bait-bait terakhir di lagu ini lho bakal di buat manggut manggut. Menari-menari kecil dengan senyuman mesam mesam.

9.      Saeglopur
Bassnya mas Goerge di lagu ini ciamik sekali menurut gue. Berkolaborasi dengan keybordnya mas Kjartan dan drummnya mas Orri. Tetep dengan lirik berbahasa Islandia da Volenska di lagu ini kamu bakal ikut nyanyi walaupun tak tahu artinya atau bahkan tak tahu cara pengucapannya. Terkesan easy listening bangget dah. Apalagi di bait terkahirnya, uuuuuuuuuu suaranya Jonsi bakal jadi tandinganmu yang ikut nyanyi, ehehhehe

10. Godan Dagin
Ini lagu bakal menjadikan hidupmu sumringah. Bener bener no sadness. Ketawa ketiwi mengingat masa lucu-lucu yang pernah dialamin. Sambil goyang tentunyaaa.


Itu dulu review abal-abal gue about 10 songs from SIGUR ROS. Semua lagu yang gue ditulis memang berasal dari album-album sebelum ditinggal mas Kjartan but after he left the band gue tetep suka kok dengan gaya musik mereka. Hanya saja everybody have favourite kannn. Dan dari semua pilihan lagu yang gue tulis tetap dooong semua kembali pada telinga masing-masing pendengar.

Comments