BELIAU BERPULANG KE RUMAH YANG SEBENARNYA

Sabtu 16 April kemarin keluarga gue sedang berkabung. Si embah kakung dari bokap meninggal dunia setelah sakit lebih kurang empat tahun. Sedih si iya karena gue enggak bisa melihat beliau lagi namun dalam hati gue juga lega. Kasihan banget si embah gue selama empat tahun sakit-sakitan. Dua tahun pertama masih bisa duduk-duduk dua tahun terakhir ya allah kasihan banget. Si embah kagak bisa ngapa ngapain hanya bisa tidur terlentang di kasur. Makan dan minum disuapin, buang air kecil pakai pempres buang air besar juga demikian. Soal nyebok menyebok ya dicebokin sama anaknya (budhe gue) mandi pun juga dimandiiin sama budhe. Ya untung juga si embah gue punya anak banyak, 7 orang anak. Digilir sendiri-sendiri sesuai kondisi masing-masing.
Gue pribadi enggak terlalu dekat sama si embah kakung ya karena cucunya banyak banget. Gimana enggak banyak anaknya si embah itu 7 dan sudah berkeluarga. Otomatiskan si embah punya cucu (termasuk gue), cucunya enggak cukup sepuluh kira-kira malah dua puluhan (banyak banget maliiii) belum lagi cucunya punya anak lagi (cicit) per cucu ngasilin anak bisa dua sampai tiga anak juga. Hitung sendiri dah berapa banyak kepala di keluarga besar gue.

Aslinya ya gue bukan tipe orang  pintar nangis. Air mata gue syusah keluarnya. Biasanya sesedih apapun gue dua mataku hanya berkaca2 enggak sampe meler2 ataupun keluar ingusnya. Entah dari mana ya disaat mayat si embah gue diangkat menuju masjid untuk disholati duh Gusti gue nangis sejadi jadinya. Umbel (bahasa Indonesianya ingus) pun sampe meler2. Perasaan gue rasanya campur aduk antara kasihan ataupun sedih karena ditinggalkan. Ya allah semoga simbah meninggalkan kita semua dengan tenang. Dimudahkan jalannya tanpa ada halangan. Kira2 itu doa yang gue ucapkan waktu itu. 

Comments

  1. Wuaduh, gue kayaknya salah nih :D
    Maapin gue yg syantik ini yak bud..lain kali gue telat lagi #ehh :D

    ReplyDelete
  2. Eee buseeet salah masuk postingan ini kayakanya ya. Huahuahua.
    Ratu telat sudah berpindah tempat ini kayaknya ya. Hahaha. #ups

    ReplyDelete

Post a Comment