WFH Itu Seru (?)












































Google Image
Musim wabah covid 10 atau corona virus ini mewajibkan kita untuk stay di rumah. Bahkan kerja sekalipun di rumah aja. Dan nge trend banget dengan kata Work For Home a.k.a WFH. Semua kalangan ngenalin kata ini baik yang up to date atau kagak.

Awal-awal si antusias wuah enak kerjanya di rumah. Bisa sambal leyeh-leyeh. Atau bisa sambil dikit2 jalan keluar kalau pas penat. Tapi bookkk.. seminggu dirumah dengan status WFH itu susah banget lo guys. Berat sungguh berat. Apalagi khusus buat gue yang suka di recokin sama ponakan2. Mereka datang ke rumah di saat jam2 pagi dong. Karena ya anggapan mereka gue libur, di rumah jadi bisa main. 

Bayangin sendiri deh. Pagi udah niat ni, ntar mau ngerjain ini deh… selesai jam segini deh,, eeee eng ing eng, si kunyuk datang, kalau gue buka laptop sambil ketik2 ya pasti si kunyuk ikutan "nunyuk nunyuk". Jadi,, tau sendiri lah ya harus disisihkan dulu kerjaannya. Dan gue juga hatinya sering gak kuat, ada si kunyuk ketawa dikit aja telinga gue gatel mau uwel2 dese. hahha. Tapi itu tu yang bikin masalah waktu kerja gue jadi untuk mainan sama dese. Ngrubahnya situ berat sodara !berat!

Akhirnya kerjaannya di lakukan di saat waktu siang atau sore atau bahkan malam. Kaya malam ini ni jam 10 malam gue baru kerja.. O.. TIDAK.... Bakal jadi manusia kalong ini, Kerja di malam hari tidur di siang bolong. 


Ini baru gue yang notabene kerjaannya gak terlalu bikin pusing lah, karena paling cuman ketik2 bentar, nulis2 bentar, ngitungin angka2 bentar.  Atau ini gue yang hanya sekedar ponakan. Kalau gue capek bisa gue lempar ke bapak ibunya. Coba bayangin kalau ini anak sendiri. Pan gak bisa di lempar2 anaknya. Dan capeknya kita kerja di rumah itu berkali2 lipat karena sering direcokin. Ide keluar dikit aja bakal ambyar kalau dese petingkah *iya gak si, apa cuman gue aja ya?, tanya kenapa!*

Itu dari sisi pengganggu ya, kalau dari sisi diri sendiri juga sama beratnya. Malam sudah ber niat, besok pagi aku harus nyelesain a b c d sampai z. But eng ing eng,,, paling cuman beberapa aja yang terselesaikan (atau bahkan gak sama sekali). 

Gini deh, kalau hari2 kerja kan kita terbiasa dengan disiplin waktu yang bangun tidur jam segini, sarapan jam segini, harus berangkat kantor jam segini. Nah,,, kalau WFH ini kan kita gak kemana2 dirumah aja. Jadi gak ada pressure kuat untuk bangun pagi (itu gue aja si yang pada dasarnya emang not a morning person).

Nanti nanti dan nanti, hingga akhirnya gak jadi. Ini penyakit benar benar sebuah penyakit. 

Godaan smartphone apalagi. Halah. itu benar2 bikin semangat kerja gak ada. Buka my to do list today ni di hp, ee malah end up dengan social media dong (atau Platform belanja pasti). Niatnya si ceki2 dikit2 lah kali aja ada berita atau kali2 aja diskon. WOW.... hebat. niat 10 menit jadi 2jam dong!

YouTube juga berperan penting ni dalam hal WFH bisa bikin baik juga jahat. Kalau gue yang sering tergoda ama panel cakep dikit, ini jadi pandemic buat gue. 30 menit deh maksimal niatnya. Dan wow hasilnya bikin mantengin 3 jam youtube. OMG... Bahkan gue search "How to Keep Productive While Working From Home" Hasilnya???? Ngaruh dikit si alhamdulilah. Bukan videonya yang bikin gue agak sadar tapi isi komennya yang bilang kalau sungguh ironi, gue yang maunya gak nunda2 kerjaan malah nontonin video youtube kamu. *Wakwaw*

Videonya bagus si. Dari YouTuber cantik asala Amerika. Ngajarinnya gak bertele2 menurut gue. Pas aja gitu. Link nya ini ni https://www.youtube.com/watch?v=xF8woNuV7BE 

Paling ngena di hati gue itu tentang bangun, mandi, dandan, ganti baju bagus. Lumayan bikin nambah semangat. Menurut gue ini paling penting. Karena kalau kita sudah ada perasaan siap itu segala galanya jadi mudah *pret, lebay dikit*

Yang kedua itu bikin list, daftarin tu apa aja kerjaan hari ini biar gak membesar tugasnya. Urutin tu mana yang deadline mana yang masih jauh ngumpulinnya. Jadi gak salah kaprah deh. Karena kadang tugas itu banyak sekali sedangkan waktu cuman dikasih 24 jam sehari, kita ambil yang paling mudah e tau2 ada tugas berat yang deadlinenya harus besok. Mati aja deh ini!

Kalau kata gue si mau WFH mau enggak, hindarilah ngerjain kerjaan itu beradasarkan what I love. Kalau emang itu kewajiban, love-in aja semuanya, jadi gak ada yang tersakiti *aseek*

Selanjutnya kalau emang ada anak kecil dan gak punya nanny, tolonglah untuk bergantian jagain. Janganlah satunya egois karena merasa dirinya itu paling penting. Ok lah, kalau memang merasa pekerjaanmu itu puenting sekali ya omongin aja kan sama parternernya. Jadi tidak ada dendam di antara kita :)

But guys, sebenarnya gue admire loh, angkat topi sama Freelancer yang kerjanya sesuai niat mereka. No pressure from company, no time for working or even no sindirian dari rang orang. Padahal di gue, tekanan2 batin itu yang bikin (kadang) tambah semangat kerja (meski kadang jadi bikin hati gue pecah si saking gak kuatnya).

Anyhow, I have a big dream, one day I want to be a successful freelancer. As a blogger or YouTuber or A Novel Writer maybe. Starting with WFH, semoga hari2 ini bikin ngasah gue untuk do writing. Juga ngasah otak untuk dapatin ide unik. Bikin ngehargain waktu juga, jadi gak cuman seneng ngerjain tugasnya mepet2 waktu deadline. 

SEMANGAT WORK FROM HOME. 

Comments