Pengalaman Pakai OPPO F11


Hasil gambar untuk oppo f11
Antarmuka Oppo F11

Ngehek sekali masya allah hp gue bulan kemarin matot. IC si hp itu rusak. Kalau ganti sampe 300 ribu loh. Kan males aja diriku masya allah. Dengan tampang melas melas gue nawarin buat dijual ama si mas2 service. Ee.... Mas2nya jumawa lo mau aja beli hp gue. Tapi tau gak si harganya berapa 100 ribu aja pemirsa!!! Muka udah ditambahin paket nangis tapi tetep aja cuman ditambahin lima ribu perak. Oo... Tuhan!!! Nyesek aku tu. 

Prinsip gue dari dulu kalau masalah smartphone itu sekali rusak ya sudah lah. Mending beli baru aja sekalian! Ee.. tapi lihat posisi tabungan lha kok... Begindang.. belum cukup umur buat beli hp flagship. Ya sebenarnya gue sudah nabung si buat beli iphon' akhir desember. Tapi takdir berkata lain ferguso! 

Browsing kesana kemari gue pusing antara xiaomi atau realme. Lihat di channelnya @gadgetin bantu banget lo. Bisa dapatin pencerahan lah kalau yang budgetnya pas2an kek saya ini. 

Dari rumah, gue udah nentuin beli realme c3pro. Sama temen gue dicengcengin karena itu merk baru. Apalagi dese ini anaknya oppo. Jadi goyahlah saya. sampai dikonter tambahin galau. Gue ditawarin hp oppo f11 milik si pemilik toko. Dese bilangnya gak suka layar gedhe. Gak enak buat masukin ke saku. Masih suka f9 aja yang gak pegel nentenginnya. Ya sudah Bagi manusia plin plan kek gue ini rasanya sungguh terlalu loh. Karena dengan harga yang sangat miring gue bisa dapatin yang harga aslinya 3 juta ke atas. 

Cari2 perbandingan di internet kebanyakan mihak si realme pilihan awal gue. Tapi karena harganya terpaut dikit ama si f11 (bekas) ini ya sudah lah dengan segala gundah gulana dan berbagai macam drama (dari jam 7sampai 9 malam gue di konter) akhirnya bisa ketebak sendiri gue milih apaan. 

Oppo f11 ram4gb memori 124gb

Kalau dari RAM si sama2 aja ama yang lain cuman karena memori internalnya hampir dua kali lipatnya ya gue pilih oppo aja. Segi kamera, mesin, baterai sampai skor antutu antutu itu gak terlalu gue lirik. 

Sudah sekitar sebulan gue pakai ni hp. Rasanya ya begitulah. Enak2 aja dengan layar yang gedhe 6.5 inchi (cmiiw) ini. Mungkin bagi sebagian orang layar ini kegedhean karena gak bisa ngoperasin pakai satu tangan tapi buat gue yang suka baca gue seneng si. Jadi lebih banyak tulisan yang muat dilayar *belum bisa beli kindle jadi bacanya lewat smartphone aja*. Terus keep notenya bagi gue juga berfungsi banget. Kaya sekarang ni waktu gue nulis tulisan ini juga gue pakai ni hp. Gak ngelag sama sekali meski karakternya cukup banyak. 

Untuk berapa banyak aplikasi sampai muat berapa biji. Ya gak tau si. Karena kebutuhan gue cuman medsos, aplikasi belanja, ama aplikasi2 lain yang gak terlalu banyak juga. Dari hp gue yang ram cuman 1gb ya rasanya kayak gunung ama pantai. Dulu hp gue sering ngelag kalau install app sekarang aduhai bisa pakai seenaknya (?) 

Kamera smartphone oppo si udah pada tahu lah. Beuaty nya kayak gimana. Dan iya si selfie kameranya benar2 mencengangkan sodara2. Muka halus kinclong kayak kaca. Mulus!!! But please chill out. Ada kok yang versi asli gak pakai beauty2an. Jerawat tidak hilang tapi bikin jelek muka ✌️🤪. Untuk kualitas kamera depannya gak jauh beda ama yang lain si. B aja menurut gue. Malah sebenarnya oppo yang f9 lebih bagus deh kalau urusan selfie. Karena emang gak fokus ke selfie expert kali ya jadi dibikin biasa aja. Secara tulisan emang 16MP doang. Kalah dengan yang oppo berapa gitu yang 25MP. Padahal harganya mahalan f11 ini. 

Segi kamera belakang buat gue bagus si. Aku suka gaya2nya yang Autofocus dsb. Apalagi low lightnya keren loh. Jadi seneng kalau foto di cafe gitu. Gak item item lagi mukanya. Emang bener iklannya itu yang hp ini fokus ke lowlight. Tapi sayangnya belum wide-angle aja. Hahaha *duit tipis ngarep fitur bagus*. Padahal udah 48mp lo besaran si kamera belakangnya ini. Wkwkwk. Tapi kalau butuhnya cuman foto2 alakadarnya bagus kok. Gak ngecewain. Kalau emang yang lebih bagus lagi ya beli kamera digital aja pasti bagus *jitak*

Em....apalagi ya ... Soal baterai beneran awet si. 2 hari bisa gak ngecharge gue. Padahal main sosmed ama belanja dikit di shopee. Kalau pas nulis2 dan baca2 buku si sehari ngecharge sekali si. But it's still good tho. Gak bikin kecewa. Fast chargingnya juga aduhai. Bikin girang. Sejam doang sudah penuh 100 persen. 

Jeleknya speakernya menurut gue. Kalah kenceng kalau dibandingan ama xiaomi atau samsung dengan harga yang sama. Tapi kalau mau kenceng ya pakai speaker tambahan lah. Kan banyak juga yang speaker wifi gak perlu colok2 kabel. Murah dan mudah. 

Nah... Hal lain yang gak kalah penting ini dibanding hp gue zaman dulu itu fitur khasnya. Hp LG gue zaman dulu itu ada fitur Qslide nya loh yang gue suka banget. Fitur itu kayak layar split screen tapi dia gak motong. Jadi waktu kita buka aplikasi pertama kita bisa nambahin layar kecil app kedua pilihan LG yang posisinya bisa digeser2 bahkan ditransparankan. Jadi kayak gue yang suka buka IG bisa nambahin app calculator di satu layar bersamaan itu. Sedangkan di hp oppo ini sampai sekarang gue belum nemu fitur khasnya. Soal split screen kayaknya semua hp 3jutaan (atau mungkin kebawah) sudah bisa split layar deh. Dan split ini gak bisa di semua app. Pilihan oppo doang yang bisa. Harusnya si ada lah fitur khusus yang hanya dipunyai oppo. Jadi berasa bedha gimana gitu. Kayak LG dulu itu. Hp gue yang cuman 2 jutaan keluaran 2014 *cmiiw* sudah ada tuh fitur layar double. Dan fitur itu gak semua hp punya loh. Temen gue beli yang 2jutaan di tahun 2017 aja gak ada fitur itu di merk lain. 

Oiya hampir lupa. Si oppo ini aplikasi bawaanya gak macem2 dan BISA DIHAPUS atau di nonaktifkan. Jadi gak menuh2in ram atau memori user kalau emang gak penting. Cukup sekian deh tulisan ini. So far so good lah pakai ni smartphone. Semoga awet gak banyak neko2. Soalnya malesin si kalau harus ngikutin teknologi. Akika kurang suka kakak.


Foto Camera Selfie tanpa fitur beauty

Ini pakai Expert Camera tapi settingan masih asli dari hp belum diubah2 exposure dsb


Foto jam 6 petang. Pakai fitur lowlight. Posisi cahaya gak banyak disekitar tapi bisa ke tangkep jelas 


Original Camera

Comments