Pengalaman Jadi Anggota KPPS Pemilu 2019


Hasil gambar untuk pemilu 2019
Source Google image
Sudah jadi rahasia umum kalau pemilu 2019 itu pemilu tersulit, terberat, terabsurd dalam sejarah bangsa kita. Gimana kagak, pemilu ini benar-benar bikin orang sakit kepala setelah nyoblos. Banyak yang harus dicoblos dan banyak juga yang gak tahu siapa aja mereka. Gue pribadi aja tahunya cuman Presiden dan Wakilnya doang *iyalah digembar-gemborkan kok*. Soal pileg nya gue gak tahu banyak. Raba-raba aja gitu. Jujur aja ni guys gue pilih sesuai tampangnya. Cakep atau kagak, Cocok atau kagak ni tampang jadi wakil kita di DPR*maapkan saya tolong*. 

Gue pikir itu salah gue aja yang dari awal rada-rada apatis soal pileg ini. Gak liat take record mereka di berita2 sosmed atau koran. Tapi ...kayanya gak gue seorang ya kan guys, banyak juga yang gitu kan ya kan ya *cari teman gue ih, :p*

Pamflet pileg sebenarnya sudah ada di beberapa titik di tempat gue. Ada yang pamfletnya geedhe banget, tapi juga ada yang kecil biasa gitu. Tapi jujur aja gue gak pernah yang mandang banget pamflet di jalan-jalan gitu. Mana yang DPR RI, Provinsi, Kabupaten, atau DPD gue gak paham. Dan sampai detik ini pula gue masih mikir ngapain si para calon itu suka pasang-pasang gambar di jalan. Gak terlalu faedah menurut gue *cmiiw*.But who knows... Itu kan salah satu cara kampanye, mungkin yang sono-sono mikir kalau pakai cara gituan itu cukup berhasil.

Udah gitu, bilik suaranya kecil sekali. Surat suara nya gedhe gitu kaya sarung. E.buset... biliknya kagak muat dong. Bikin pemilih jadi susah nyontrengnya ya gak si. *Tolong pak lain kali bikin bilik 3 m x 4 m aja biar kita bisa leyeh2 :p*

Sebagai pemilih yang istilahnya cuman dateng ke TPS terus nyoblos aja, banyak yang kebingungan kan tadi nyoblos apa. Kalau ditempat gue si gitu, apalagi yang sudah berumur. Mana paham itu caleg DPR yang kertasnya segedhe sarung itu (tempat lain gitu juga gak si?)

Lalu gimana dengan petugas KPPSnya sodara-sodara2??? (Kita ini manusia pak KPU bukan robot) *melas*

Kebetulan pemilu tahun ini gue jadi salah satu anggota KPPS di salah satu TPS desa gue. Dan absurdnya gue gak berpengalaman soal pemilu-pemiluan. Mana waktu pemilihan gubernur dan bupati gue kabur ke Pare, jadi gak nyobloslah gue. 

DPT tempat gue si gak banyak -banyak amat. Cuman 180an lah kalau gak salah. Gitu aja waktu nulis C6 udah pegel2. Ya kali gak pegel, C6 diterima ketua KPPS aja H-3 sebelum pemilu. Udah gitu sehari sebelum hari H harus dibagikan ke warga. Ya pegel lah tangan akika sodara-sodara. Nulisnya pakai tangan gak bisa copy paste komputer. 

Malam sebelum hari H kita semua anggota KPPS udah nyiap-nyiapin kan. Dan kebetulan tempat yang dipakai itu SD dekat rumah. SD si siang pulangnya tapi kan banyakan anggota KPPS juga kerja pulang sore (bahkan malam). Jadi natain tempatnya ya malam. Malam-malam srag srog meja kursi kelas. 

Malam persiapan, paginya suruh datang jam 5 dengan alesan logistik diluncurkan setengah 5. Hadeh..... gue  mau nangis waktu itu. Pagi amat jam 5!!!!!!!

Gue si puji syukur dikit2 tahu tabiat orang Indonesia yang suka molor. Gue datang jam setengah 6 ke lokasi. O tahunya lokasi masih sepi. Buseetttt,,, Masih kecele aja gue, jam 6 lebih baru sampai dong sodara-sodara *hancur hatiku kau bohongi aku* :(.

Logistik sampai, anggota lengkap, saksi ada (meski sebiji) kita buru-buru buka. Sampai bagian ini lancar jaya sentosa. Tahap lain-lain juga lancar jaya. Gak ada yang bikin kisruh alhamdulilah. 

Cuma,,,, ada ni yang bikin sedikit deg-degan. logistik kita kurang pemirsa,,, Surat suara DPR RI (kalau gak salah) dikirm cuman 160an. Harusnya sesuai DPT dan ditambah 2% Cadangan *cmiiw. Tapi kata mbak PPSnya gak papa nanti tulis aja di form C2 kasih catatan kejadiannya. 

Oke, ternyata itu masalah kecil. Kita langsung aja ke tahap berikutnya.

Gue kebagian kerjaan yang apes banget. Tulis menulis, dari nulis DPTnya di surat suara (meski dibagi2 sama yang lain) sampai nulis C1 nya (baik hologram atau kagak). Oh my god,,, tiarap gue mama... Asli tangan ini udah gak bertulang. Pegel sekali sodara-sodara. Bayangkan aja deh ye dari jam 7 kita nulis sampai jam 11 belum habis. Pikir aja sendiri betapa indahnya dunia ini *pret :p*

Kejadian yang gak kalah ngehek ni soal penulisan C1. Gue pikir nulis C1 itu cuman sekali yang Hologram aja. Lainnya bisa fotocopy. Eee... taunya kagak.. C1 yang ditulis itu C1 Hologram, C1 buat KPPS, KPU, dan Desa. Yang dikasihin ke saksi bisa di fotocopy asal tanda tangan basah semua. Dan gue,, tulis semua dong sodara-sodara. Tanpa fotocopy. ASLI *beneran mau gila waktu itu*. Sebenarnya mau fotocopy susah juga karena syaratnya ribet. Udah gitu jauh pula tempat gue ama fotocopy. Ya rela nulis tangan iya gak. Masih syukur si di TPS gue saksi cuman 3, kalau sampai 25 bakal gue lempar aja tu C1. 

Itu... setelah gue dikasih tau ama TPS sebelah yang berpengalaman. Sebelumnya, ya mana paham akika. Kami pikir C1 yang dikasihin per TPS itu ditulis semua. Bayangkan berapa lembar C1 yang ditulis semua itu. Udah gitu teman-teman lain gue suruh TTD semua C1nya dari Presiden sampai DPRD Kabupaten lagi. Kasihan,, apes banget mereka karena gue *maap kan saya ya kawan*

Jujur ni gue bukan lupa tapi emang gak tahu berapa C1 yang gue tulis awalnya. Waktu bimtek setahu gue gak dijelasin. Mungkin KPU nya ngira yang kaya gituan kagak perlu detail jelasinnya.Atau udah ada di PPT yang dia sebarkan. Jadi gak perlu dikhawatirkan. Angkanya aja yang diperhatikan. Terus, di desa gue itu anggota KPPSnya banyakan udah berumur. Muda mudinya 20 persen doang dari keseluruhan. Dan itu membuat mereka merasa sudah paham. Jadi pada saat KPU presentasi mereka ngoceh tanpa jeda. Apesnya gue duduk ditengah-tengah. Depan belakang gue dari awal masuk sampai keluar ngobrol tiada jeda. Rese banget. Mau negur mereka takut karena gue masih muda. Gak negor juga bikin kupingku gatel kemasukan omongan gak berfaedah. Gue sampai maju-maju ke depan buat dengerin. Alhasil setengah2 aja gue bisa sukses dengerin lainnya kagak. Dan itu berakibat cukup berat ye kan. Ampun deh... lain kali glesor depan aja biar  bisa konsentrasi. 

Bagian ngisi2 C1, Pleno, dan kawan-kawanya alhamdulilah baik-baik aja. 6 dari 7 Anggota TPS kami adalah anak muda. Jadi tenaga kita masih tenaga kuda. 100 persen top cer. Teliti pula kitanya. Sehingga soal hitungan gak ada yang salah. Karena banyak TPS lain yang ketika direkap kecamatan banyakan salahnya. Disuruhlah menghitung ulang mereka2 ini karena angka di plano dan C1 nya beda *nambah-nambahin capek aja, untung gue kagak*

Dari jam setengah 6 pagi sampai jam 10 malam kita berurusan ama pemilu. Itupun kita termasuk tercepat. Lainnya banyakan sampai pagi. Gila???? Iya!!! Badan sakit semua, pikiran capek, jari tangan apalagi. Sungguh kejam dunia ini. 

Itulah pengalaman awfull dan awkward gue di pemilu kali ini. Pengalaman orang pasti beda-beda ye kan. Dan menurut gue pemilu ini memang berat seberat beratnya. Makanya ada yang sampai sakit dan bahkan meninggal. Mungkin seharunya KPU harus benar-benar teliti dalam menyeleksi kandidat KPPS. Ya emang si persyaratannya itu minimal 17 tahun lalu ada surat sehat juga dari puskesmas. Tapi kan kalau memang sudah diperkirakan pemilu akan sebarat ini tambahin aja gitu syaratnya gedhe Diperuntukkan bagi yang sehat, muda, dan teliti. Jadi jelas kalau ini pemilu berat gak sama seperti tahun sebelum-sebelumnya. Juga dikasih ni puskesmas keliling atau apalah gitu biar kita kalau sakit bisa langsung ditanganni. Bukan hanya anggota KPPSnya yang bisa sakit pemilih juga bisa sakiit karena pusing liat banyak foto di surat suara. hahaha

Namun, yang paling krusial semoga gak ada pemilihan serentak kaya gini. Ampun deh,,, sekali aja ya pak KPU. Jangan gara2 ngirit anggaran jadi kita kehilangan orang-orang yang besar yang emang bagus. Di awal gue udah singgung kalau kebanyakan dari kita gak tahu calon-calon legislatif. Padahal baik presiden dan legisltif itu sama2 penting. Boong banget lah kalau apapun itu kalau presidennya tegas dan baik yang lain ngikutin. Buset,, dikira yang menjalankan negara itu cuman presiden kali ya. Legislatif juga sama pentingnya menurut gue. Mereka itu kan yang ngusulin undang-undang, yang suka studi banding, (yang suka ngabisin uang negara), dan yang punya banyak hak juga dalam tata peraturan negara. Jadi kita juga mau milih yang bagus juga gak cuman ngasal. Iya gak???????

Comments